10 Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website


Memilih hosting terbaik gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena banyak hosting yang menawarkan fasilitas terbaik yang mereka miliki. Dibilang susah karena fasilitas yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan kenyataannya.

Anda pastinya tidak mau bukan blog/website Anda lemot, lelet, lala, dan sebagainya hanya gara-gara hosting. Atau, seperti pengalaman saya pribadi, google adsense saya yang sudah hampir $200 dolar, dan rencananya awal bulan mau dicairkan harus dibanned oleh google gara-gara blog yang dipasang adsense di nilai berat banget loadingnya. Tidak hanya itu, beberapa hari kemudian, blog juga masuk sandbox. Tak lama kemudian, blog tersebut menghilang dari google search engine alias dibanned. Padahal, jumlah pengunjung blog yang baru berumur 7 bulan tersebut sudah hampir 3000-an perhari. Semua itu penyebabnya saya salah memilih hosting.

Tentunya, Anda tidak mau bukan, pengalaman saya menimpa Anda juga. Oleh karena itu, sebelum Anda menentukan membeli hosting, alangkah baiknya dan saya sangat menganjurkan untuk mencari tahu, meneliti, membandingkan, kemudian pilih hosting yang terbaik buat blog Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa tips memilih hosting terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hosting terbaik agar Anda tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

1. Sediakan waktu Anda selama 2-3 hari untuk mencari tahu.
2. Kumpulkan 5-10 webhosting yang menawarkan hosting terbaik. Anda bisa mencari dan mengumpulkannya dengan cara browsing di google. Misalnya, ketik hosting terbaik Indonesia (jika ingin hosting di Indonesia), atau kalau ingin cepat, ketik 10 hosting terbaik Indonesia.
3. Teliti satu per satu webhosting yang telah Anda kumpulkan. Cari tahu fasilitas dan penawaran yang mereka tawarkan.
4. Cari tahu selengkap-lengkapnya mengenai masing-masing hosting yang mau Anda beli, cek mulai kemampuan server, uptime, garansi sampai harganya. Baca review sebanyak-banyaknya tentang masing-masing webhosting. Anda bisa mendapatkannya dari blog/website yang memiliki reputasi baik, dari blog/webmaster ternama. Tetapi, tidak menutup kemungkinan review dari blog/website lain juga bagus. Namun demikian, pengalaman membeli webhosting selama bertahun-tahun tanpa ada masalah bisa menjadi pertimbangan baik buat Anda.
5. Coba juga cari tahu dari teman-teman blogger Anda yang memiliki blog/website dengan domain dan self hosting. Tanya mereka beli hosting di mana, bagaimana kualitasnya, apakah mereka pernah mendapatkan masalah. Kalau mereka pernah mendapatkan masalah, bagaimana tanggapan atau solusi dari pihak webhosting.
6. Coba browsing di google tentang webshoting tempat di mana Anda mau membeli hosting. Jika banyak yang kecewa dengan hosting tersebut, tinggalkan saja. Cari webhosting yang lain.
7. Coba hubungi masing-masing customer servis atau technical support masing-masing webhosting. Coba hubungi pada jam-jam sibuk, dan lihat bagaimana cara mereka melayani Anda. Coba juga hubungi di malam hari, misalnya jam 10 sampai jam 12 malam. Ini penting dilakukan untuk mengantisipasi jika Anda membutuhkan bantuan technical support di malam hari.
8. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, coba Anda bandingkan mana yang menurut Anda webhosting terbaik dari yang terbaik.
9. Ada beberapa webhosting yang menyediakan fasilitas free trial hosting, manfaat fasilitas ini. Coba pakai free trial hosting tersebut. Jika selama Anda menggunakan free trial hosting itu Anda tidak mendapatkan masalah sedikit pun, Anda bisa menjadikannya bahan pertimbangan.
10. Kalau Anda sudah mantap dengan salah satu webhosting, coba yakinlah diri dan hati Anda apakah Anda benar-benar mantap dengan webhosting yang Anda pilih? Jika iya, lanjutkan saja. Tetapi, ada baiknya jika Anda mencoba membeli beberapa bulan terlebih dahulu, jika benar-benar tidak ada masalah, Anda bisa melanjutkannya..

Sumber : Kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12369902

Tentang anugrahkomputer

Anugrah Komputer (service Printer Specialis)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s